Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag
Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag. Anda tentu sudah tahu dengan penyakit yang satu ini bukan?. Penyakit maag atau gastritis merupakan penyakit yang terjadi pada gangguan lambung. Tingkatnya asam lambung dalam waktu yang lama akan beresiko Penyebab Penyakit Maag terjadi pada radang lambung atau tukak lambung sehingga penderita akan mengalami rasa sakit pada lambung dan hulu hati yang biasanya disertai rasa mulas dan perih,parahnya lagi anda bisa saja selalu mual setelah makan.

Penyakit maag dibedakan menjadi dua yaitu :


  1. Sakit Maag Fungsional Merupakan sakit maag yang dalam pemeriksaannya lebih lanjut menggunakan teropong saluran pencernaan bagian atas (endoskopi) tidak didapati kelainan secara anatomis.
       
  2. Sakit Maag Organik Merupakan sakit maag jika diperiksa dengan endoskopi akan ditemukan kelainan secara anatomi. Sebagai contoh adanya luka pada lambung, usus duabelas jari, pholip pada kerongkongan dan lambung, serta kanker pada organ pencernaan tersebut. 

Makanan Penyebab Penyakit Maag

1. Makan gorengan
Gorengan memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi oleh karena itu mengkonsumsi gorengan juga dapat menjadi penyebab penyakit maag. Selain menyebabkan maag, mengkonsumsi gorengan berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan karena dapat menyebabkan kolestrol dan jerawat.

2. Makan tidak teratur
Makan tidak teratur merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit maag yang sangat sering terjadi dimasyarakat, oleh karena itu saya saranbkan untuk makan teratur 3 kali 1 hari. Dan usahakan untuk makan sebelum perut anda merasa lapar.

3. Kafein
Kafein seperti kita ketahui bisa menenangkan, tapi jika terlalu sering mengkosumsi tanpa makan nasi, maka perut biasanya akan berbunyi seperti kelaparan,nah hal ini dapat memicu penyakit maag. Maka usahakan untuk mengimbangi konsumsi kafein denga makan teratur dan pola hidup sehat. 

Selain itu maag juga dapat disebabkan karena kelelahan, stress dan kurang tidur. Berikut ini beberapa tips mengatasi penyakit maag :

4. Lidah Buaya
Lidah buaya memang sudah sangat dikenal dalan dunia kecantikan dan kesehatan. Inilah salah satu manfaat lidah buaya,yaitu untuk mengobati penyakit maag. Aloenin dan Magnesiun laktat dalam daun lidah buaya yang diidentifikasikan dapat menghambat sekresi asam.

Caranya: Ambil Gel segar dari sekitar 1 lembar daun lidah buaya, diminum untuk sekali minum.anda dapat mengkonsumsi nya dua kali sehari, untuk memberikan rasa pada gel lidah buaya, anda dapat menambahkan gula dan membuat nya menjadi jus. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan ini. 

5. Kunyit
Sejak tahun 1953, kunyit sudah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. ini pernah dilakukan penelitian pada Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4 g) memperlihatkan perbaikan dan satu kasus tersembuhkan.

Caranya: diperlukan 2 jari tangan kunyit. Dikupas dan dibersihkan, diparut, dan ditambah air matang. Setelah itu, diperas melalui kain bersih. Hasilnya didiamkan dan diambil airnya. Dalam sehari diminum 2 kali, masing-masing satu ramuan. Meminumnya pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

6. Cincau
Selain dapat disantap sebagai minuman segar, cincau ternyata memiliki kandungan yang sangat baik untuk proses penyembuhan penyakit maag.
Caranya: 1 genggam daun cincau (kira-kira 80 gram berat basah). Daun dicuci lalu digiling halus. Lalu diremas dengan air masak seperlunya dan disaring, diberi air kapur sirih seperlunya agar lekas menjadi kental. Setelah menggumpal dimakan dengan air gula atau sirup. Dalam sehari cara ini dilakukan 3 kali, masing-masing dengan gelas ukuran kira-kira 200 cc.

7. Kemangi hutan / Lampes (Ocimum sanctum)
Kemangi hutan merupakan tumbuhan berupa terna atau perdu bercabang banyak setinggi 0,30 ñ 1,50 m yang Dapat ditemui di seluruh Jawa. Kemangi biasanya digunakan untuk menambah rasa sedap pada masakan dan menghilangkan bau badan. Namun ternyata tumbuhan ini juga dapat digunakan sebagai obat maag.

Caranya sangat mudah yaitu  penderita maag dianjurkan untuk mengkonsumsi daun segar kemangi hutan (lampes) sebagai lalap setiap hari.

8. Kencur
kencur merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang digunakan untuk mempersedap masakan.kencur sangat mudah ditemui.cara menggunakan kencur sebagai obat maag yaitu: ambil 1 jari rimpangnya. Rimpang dicuci bersih dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya. Sesudah halus dikunyah, kencur ditelan, disusul dengan minum air hangat. Ini dilakukan 3 kali dalam sehari.

Karena maag merupakan penyakit yang berbahaya apabila sudah mencapai tahapan kronis, maka ada baiknya anda melakukan pencegahan terhadap penyakit ini.atau jika anda sudah mengidap penyakit ini,maka segeralah lakukan pengobatan. Baca juga Penyebab mimisan dan cara mengatasinya.

Berlangganan untuk email update gratis: