Cara Melakukan Push Up yang Benar dan Manfaatnya

Cara Melakukan Push Up yang Benar dan Manfaatnya
Cara Melakukan Push Up yang Benar dan Manfaatnya. Push up adalah salah satu jenis olahraga yang sudah sangat dikenal masyarakat. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal perlu diketahui cara melakukan push up yang benar.  Ssalah-salah bukannya membakar lemak dan membentuk otot malah cedera. Push up yang benar melatih otot-otot lengan, tangan dan perut. Berikut ini cara  melakukan push up yang benar:


Cara Push Up

Push up dinding
Push up ini sangat baik bagi pemula dan bagi anda yang belum menguasai teknik push up sempurna. Berdiri di depan diding yang datar, lalu letakkan kedua telapak tangan anda di depan dinding. Lalu bengkokkan lengan anda dengan memajukan badan ke depan dinding.
Lakukan dengan sebanyak-banyak mungkin, jika sudah terbiasa dan coba lakukan gerakan puluhan kali. Sekarang coba anda lakukan dengan tekanan pada setiap gerakan, dan cobalah setiap gerakan lakukan push up dengan tangan satu.

Push up lutut
Posisikan tubuh anda layaknya Push up yang benar, tapi di cara ini lutut anda sebagai tempat tumpuannya. Letatkan tangan anda di lantai dengan lurus dengan wajah ke depan dan kaki anda di silangkan. Turunkan dada anda dengan perlahan ke dekat lantai lalu kembali ke posisi semula.

Push up sempurna
Push up sempurna tentu saja membutuhkan tenaga yang lebih besar dibanding dengan push-up sebelumnya karena tumpuan berada di ujung jari kaki. Sebaiknya lakukan diatas alas yang keras misalnya di atas lantai atau matras tipis. Letakan kedua telapak tangan di lantai denga ujung jari kaki sebagai tumpuan. Untuk keseimbangan, kaki jangan terlalu menyempit atau melebar kira-kira selebar bahu.

Jaga agar kaki, pinggang dan kepala tetap dalam keadaan lurus. Tekuk lengan bawah dan lengan atas sampai membentuk sudut 90 derajat kemudian dorong keatas sambil mengambil napas. Saat badan diturunkan buang napas secara perlahan-lahan.


Manfaat dari Push Up 

Meningkatkan kekuatan tulang
Tulang adalah salah satu bagian tubuh yang sangat berperan penting karena menjadi alat untuk duduk, berdiri, dan melakukan gerakan lainnya. Mereka yang berusia lanjut selalu memiliki masalah pada kesehatan tulang. Beberapa keluhan yang sering terjadi adalah nyeri sendi, tulang keropos, dan tulang rapuh. Biasanya masalah tulang ini disebabkan oleh kondisi tulang rawan yang tidak terbiasa bergerak saat masih berusia muda. Jika anda tidak ingin mengalami masalah ini di usia tua, sejak masih muda biasakanlah untuk melakukan push up agar tulang rawan pada tangan, lengan, bahu, dan kaki semakin kuat.

Menguatkan otot perut
Inti gerakan push up yang benar adalah bagian tulang belakang tidak membentuk lengkungan. Biasanya lengkungan terlihat saat badan melakukan gerakan naik-turun. Saat bagian tulang belakang terlihat rata dan stabil, saat itulah gerakan push up dikatakan benar. Kesalahan dalam melakukan push up akan menyebabkan tulang belakang mengalami cedera. Dan gerakan tulang belakang yang rata dapat meningkatkan kekuatan otot perut.

Melatih otot jantung
Push up tidak hanya membuat otot dada menjadi besar. Lebih dari itu, push up juga berperan bagi otot jantung. Gerakan push up membuat otot jantung akan bekerja lebih banyak sehingga membuat sistem metabolisme tubuh lebih baik.

Menguatkan otot dada
Dada berperan besar dalam melakukan push up. Gerakan push up memaksa otot dada untuk menarik dan menekan tubuh. Jika dilakukan secara teratur, massa otot akan terbentuk sehat dan otot dada akan terpelihara.

Membentuk perut
Dari cara melakukannya saja, tentu anda sudah bisa menebak bahwa push up berpengaruh pada otot perut. Gerakan push up memang dapat mempertahankan otot perut, pinggul, dan tulang belakang. Ketika badan bergerak menarik dan menekan, maka otot perut bekerja maksimal. Hal ini dapat membuat otot perut menjadi terlatih sehingga membentuk otot perut semakin kuat. Jadi, jika anda menginginkan perut ìsix-packî, anda cukup melakukan gerakan push up secara rutin.

Menstabilkan otot bahu
Masalah kelainan bahu atau kondisi kedua bahu yang tidak seimbang dapat diatasi dengan melakukan push up secara rutin. Saat melakukan push up, kekuatan otot bahu akan bertumpu pada bagian bahu atas yang dapat menjaga gerakan bahu agar tetap kuat, seimbang, dan stabil.

Memperbaiki postur tubuh
Postur tubuh yang sempurna merupakan bagian penting untuk memperlihatkan penampilan yang baik. Ada banyak masalah postur tubuh yang sering dijumpai, seperti bahu tidak seimbang, lengan kurang stabil, dan tulang belakang kurang tegak. Untuk memperbaiki postur tubuh, anda bisa melakan push up secara rutin. Secara sekaligus push up dapat membentuk kekuatan pada otot bahu, lengan, dan dada sehingga postur tubuh akan menjadi lebih baik.

Setelah mengetahui manfaat dan cara melakukan push up yang sangat mudah,tidak ada salahnya bukan mencobanya secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal? Baca juga Cara membuat anak.

Berlangganan untuk email update gratis: